Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BMW 735i E66 : Bisa Starter Tetapi Tidak Bisa Hidup

Sebagai tukang teori, saya terkadang memang harus bisa membuktikan bahwa teori yang saya miliki cukup mumpuni untuk mengerjakan mobil yang sedang bermasalah.

Kasusnya terjadi pada mobil BMW 735i E66.

Mesinnya kebetulan V8.

Dan kasus yang saya hadapi adalah mesin bisa starter tetapi tidak bisa hidup.

Terus apa yang saya lakukan ?

Mulai dengan menggali data

Pertama yang harus dilakukan adalah mengingat-ingat teori.

Yang terlintas dipikiran saya adalah ....

Agar mesin bensin bisa hidup, perlu apa saja ya ?

Jawabanya adalah
  1. Campuran bahan bakar dan udara
  2. Kompresi
  3. Pengapian
Ketiga hal ini yang biasanya saya coba gali kepada mekanik.

1. Apakah ada DTC ?

Ternyata ada dan lumayan banyak. Tetapi kebetulan saya tidak mendapat data apa saja DTC-nya karena belum sempat dicatat.

Terpaksa saya request untuk disiapkan scanner mobil

Tetapi sebelum scan, saya kembali ke pertanyaan selanjutnya

2. Apakah ada Api ?

Tidak Ada !

Karena ketika dibuka coilnya dan di cek dengan busi yang dipasang dicoil, ternyata tidak ada apinya

Dari situ saya mulai berfikir.

Apakah hilang supply dari baterai atau massa dari ECU ya ?

Agar yakin dan sekali jalan, saya mencoba ke pertanyaan selanjutnya.

3. Apakah ada bahan bakar

Ada, jawabnya

Ketika selang dibuka, dan kunci kontak on, bensin mengalir ke pipa yang menuju fuel rail.

Tetapi apakah yakin dari injektor keluar ?

Yakin !

Tahu dari mana ?

Dari alat emisi katanya.

Tetapi karena belum yakin, saya kembali bertanya...... berapa nilai HC yang ditunjukkan pada alat emisi pada saat distarter ?

dibawah 100 ppm

Kesimpulan sementara, injektor juga tidak bekerja.

Pemeriksaan lanjutan

Untuk lebih yakin, maka kami melakukan pemeriksaan supply tegangan ke ignition coil dan ke injektor.

Dan 

Ternyata ada sekitar 12 volt.

Oleh karena itu lanjut ke pemeriksaan selanjutnya yaitu :

Pemeriksaan massa yang di aktifkan oleh ECM. Cara mudahnya adalah dengan taspen kemudian tempelkan pada kabel ground injektor. Kemudian start.

Seharusnya jika ada signal taspen akan berkedip. Dan sayangnya tidak ada.

Apakah dari ECM ?

Belum tentu. 

Karena masih ada immobilizer (anti maling) yang belum diperiksa. Dan ternyata benar. Immo ngeblok untuk sementara dan harus di reset.

Hasilnya setelah reset dengan IWT II, mobil bisa hidup kembali

Untuk anda yang tidak sengaja mampir dan membaca tulisan saya ini, mungkin ada yang masih bingung dengan sebagian istilah-istilah diatas.

Kabar baiknya, 

Beberapa hal sudah bisa dipelajari di blog montirpintar com.

1. Apa itu DTC
2. Cara menggunakan scanner mobil
3. Dan yang lain menyusul.

Terima kasih

Salam kunci.




Posting Komentar untuk "BMW 735i E66 : Bisa Starter Tetapi Tidak Bisa Hidup"